Target waktu Ideal

14 Oct 2010

target waktuTarget waktu, setiap goal atau target yang ingin kita capai idealnya harus memiliki batas waktu. Pada tahun berapa kita ingin meraihnya, di bulan apa, dan mungkin bisa lebih spesifik lagi pada tanggal berapa.

Adanya target waktu yang jelas dan spesifik akan memberikan dorongan psikologis positif pada diri kita sehingga lebih termotivasi dan bersungguh-sungguh dalam mewujudkannya. Kita juga bisa lebih fokus dalam menyusun langkah-langkah strategis demi tercapainya goal tersebut.

Untuk menggambarkan betapa pentingnya target waktu, saya ingin mengulas sedikit tentang target bersama yang telah saya tulis pada postingan sebelumnya. Kali ini, saya akan buat sebuah contoh sederhana.

Dio dan Teguh adalah dua sahabat yang bekerja pada sebuah perusahaan di Jakarta. Mereka bekerja dengan baik, disiplin dan telah menunjukkan loyalitasnya yang tinggi pada perusahaan. Namun, gaji yang mereka terima ternyata jauh lebih kecil dibandingkan teman-teman kuliahnya dulu dan hanya mampu untuk hidup pas-pasan di ibu kota.

Keduanya lalu sepakat untuk merubah nasib menjadi lebih baik di tahun depan, dan sebuah target pun dicanangkan. Berikut dialog Dio dan Teguh:

Dio : “Guh, saya ingin tahun depan punya penghasilan Rp.5 juta/bulan, menurutmu gimana ?”

Teguh : “Baguslah… tapi caranya ?”

Dio : “Itu belakangan, sekarang yang penting adalah tekad dan keinginan dulu, soal caranya bagaimana saya akan pikirkan belakangan.”

Teguh: “Menarik… hebat juga kamu “

Dio : “Emang kamu gak pengen punya penghasilan segitu ?”

Teguh : “Ya… pengen lah, tapi itu dia caranya gimana ?”

Dio : “Hmm… (mikir) gini aja deh, gimana kalau kita buat target bersama, kita bikin goal kalau tahun depan harus punya penghasilan sedikitnya Rp.5 juta/bulan, dan yang mampu mencapainya wajib nraktir. Gimana ? Nah, sebaliknya kalau kita berdua justru mampu mencapainya, apalagi yang ditunggu… kita adakan pesta.”

Teguh : “Menarik juga, oke deh jadi.., tapi kamu punya ide gak ?”

Dio : “Belum ada. Tapi justru itu, mulai sekarang kita harus pikirkan caranya, bisa mulai cari-cari pekerjaan lain yang lebih layak, bisa merintis usaha yang prospektif atau apa pun terserah, yang penting uang itu harus halal.”

Teguh : “Oke kita sepakat ya, tahun depan di tanggal, bulan dan tahun yang sama dengan hari ini, kita buktikan kalau kita mampu mencapinya, tapi…..”

Dio : “Tapi apa lagi ?”

Teguh : “Jangan Rp. 5 juta dunk, kayana ketinggian, Rp 4 juta aja dulu deh gimana ? :D “

Dio : “Oke, gak apa-apa, sepakat ya..”

Ini hanya contoh sederhana yang mudah-mudahan bisa memicu semangat sahabat untuk lebih serius lagi dalam mengejar dan merealisasikan Goal-nya. :D


TAGS Target Bersama target waktu target waktu ideal batas waktu pentingnya target waktu


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post